25 Juni, 2009

Mengetahui Kapasitas Gas Acetylene

Gas Acetylene atau Asetilin ( C2H2 ) merupakan hasil reaksi dari karbit dan air.Berbeda dengan gas lain, dalam menentukan isi Acetylene dalam tabung bukan dari tekanannya seperti pemahaman sebagian besar orang awam.

Tekanan Acetylene sangat rentan oleh pengaruh suhu, namun isi / volume tidak.Pada suhu tinggi, tekanan akan naik.Begitu juga sebaliknya, apalagi jika Acetone dalam tabung kurang.Banyak orang / karyawan bengkel pengelasan pinggir jalan yang merasa baru memakai gas Acetylene sebentar sudah habis isinya.Padahal waktu membeli dan di cek regulatornya menunjukkan pada tekanan tinggi.

Biasanya tabung gas Acetylene kalau kurang ( dikurangi ) acetone nya maka tekanannya akan tinggi.Namun isinya kalau ditimbang tidak sesuai.Karena fungsi acetone sendiri didalam tabung adalah untuk " mengikat " gas Acetylene.Kalau pengikatnya kurang maka yang diikat juga sedikit.

Kesimpulannya adalah jangan mengukur kapasitas gas Acetylene didalam tabung dari tekanannya tapi ditimbang.Berikut cara gampangnya, lihat tulisan ditabung yang di stamp dari pabrik tabungya yaitu TW / Tm ( Tare Weight / Tare mass ).Jika TW atau Tm tertulis 55 kg, maka saat ditimbang akan menunjukkan angka diatas 55 kg.Nah kelebihannya itulah berat gas Acetylene nya.Jika ditimbang menunjukkan 58 kg, berarti tabung tersebut isinnya Acetylene 3 kg.

2 komentar:

  1. Terimakasih atas sharingnya..Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  2. 5 best games like wolf - youtube
    5 best games like wolf online converter of youtube to mp3 - youtube.com - The only real tv channel dedicated to VR. Stream the best videos and albums directly from your device with no download required.

    BalasHapus