25 Juni, 2009

Pentingnya Tabung di vacuum sebelum Refill

Tabung gas sebelum diisi harus di vacuum untuk menjaga kemurniaan gas dan mencegah bahaya yang mungkin timbul.Setelah tabung kembali ke filling station untuk proses refill, kita tidak pernah tahu perlakuan tersebut selama di konsumen maupun dalam perjalanan.Bisa saja waktu isi gasnya habis dan valve / krannya dalam posisi terbuka sangat dimungkinkan gas lain ( impurities ) masuk kedalam tabung, atau air hujan misalnya.

Bahkan meskipun tabung tersebut masih ada tekanan, kita pun tidak tahu apakah tekanan dalam tabung tersebut memang gas yang sesuai akan kita isikan kedalam tabung tersebut.Bagaimana yang terjadi jika tabung tersebut akan diisi Oksigen tetapi tekanan / isi sisa tersebut ternyata bukan Oksigen ? Kalau flammable dan kita isi Oksigen, maka tabung tersebut bisa meledak.Kalau toxic, dan dipakai untuk diisi Oksigen medis / pernapasan maka bukannya sembuh malah meninggal.

Mungkin ada beberapa filling station yang tidak mem vacuum tabungnya saat akan me refill, karena bisa jadi sisa gas itu sebagai keuntungan baginya.Mungkin juga mereka mengabaikan keselamatan konsumen dan karyawannya sendiri demi mengejar keuntungan yang sebesar - besarnya.

Untuk itu sebagai konsumen, berhak untuk mengaudit sistem atau proses pengisian di tempat mereka.Lebih - lebih bagi konsumen yang menggunakan gasnya untuk keperluan medis, seperti Oksigen untuk rumah sakit.Jangan sampai karena ketidaktahuannya mengenai hal ini kemudian dituntut sebagai malpraktek.

Terimakasih, mudah - mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar